cara atasi bintitan pada anak

5 Arti Tangisan Bayi

5 Arti Tangisan Bayi Bayi baru lahir sampai berusia satu tahun memang masih sering menangis. Seiring bertambahnya usia bayimu, kebutuuhan untuk mencari perhatian lewat menangis akan berkurang karena ia mulai memelajari eye contact, terseyum dan bersuara.  Untuk itu, penting bagi seorang ibu untuk memahami tangisan bayi tersebut agar lebih tepat dalam menanganinya.

Lapar adalah hal yang paling sering membuatnya menangis, tapi bagaimana kamu tahu kalau anakmu menangis karena lapar? Menurut Priscilla Dunstan, penulis buku Dunstan Baby Language yang membahas arti tangisan bayi, terdapat lima tangisan bayi yang perlu dipelajari semua ibu. Tangisan itu adalah:

Tangisan Lapar

Semakin kecil usia bayimu maka akan semakin sering ia merasa lapar. Perut bayimu masih terlalu kecil untuk dapat mencerna banyak ASI maka ia akan sering merasa lapar karena tidak dapat mengonsumsi ASI terlalu banyak. Saat lapar umumnya tangisan bayi akan lebih keras dan berlangsung lama. Tangisannya akan terdengar seperti “neh” yang panjang dan hanya terputus saat bayi mengambil napas untuk melanjutkan kembali tangisannya.

Tangisan Lelah

Tangisan ini terdengar merengek dengan raungan yang sedikit melengking. Efek suara “wah-wah” terdengar dan kadang membuat bayimu sedikit bergetar atau menggigil.

Tangisan Ingin Bersendawa

Tangisan ini umumnya berbunyi “eh” yang panjang. Saat gelembung udara tersangkut di dada bayimu, ia akan berusaha mengeluarkannya. Sehingga saat menangis suaranya akan terdengar seperti “eh”. Gendong bayimu dan tepuk-tepuk punggungnya untuk membantu bayimu mengeluarkan udara tersebut dengan mudah.

Tangisan Tidak Nyaman

Ini berarti bayimu sedang merasa nggak nyaman, mungkin popoknya basah, gatal, atau kegerahan. Tangisan ini biasanya bersuara “heh” yang melengking dengan napas sedikit tersendat.

Tangisan Ingin Buang Gas

Suara tangisan saat bayimu ingin buang gas adalah “eir”. Saat bayimu tidak dapat bersendawa maka udara tersebut akan bergerak ke sistem digestif anak. Biasanya saat menangis, bayimu juga akan mengangkat kedua kakinya.

BACA JUGA:

One comment on “5 Arti Tangisan Bayi

Leave a Reply