berkendara bersama keluarga

5 Hal Yang Harus Dihindari Saat Berkendara

5 Hal Yang Harus Dihindari Saat BerkendaraBila Anda berencana mudik bersama anak dengan kendaraan pribadi, simak beberapa hal yang pelu Anda hindari ini.

1. Memanjat Ke Kursi Belakang

Ketika bayi menangis atau anak-anak benar-benar merasa bosan, tentu Anda ingin segera “meluncur” ke jok belakang saat mobil masih berjalan dan tidak sabar menunggu hingga suami menghentikan kendaraan. Hal itu sangat berbahaya, kata Jamie Schaefer-Wilson, penulisConsumer Reports Guide to Childproofing and Safety. “Jika pengemudi mengerem mendadak dan Anda melepaskan sabuk pengaman, Anda akan mencederai penumpang di jok belakang.”

2. Menggendong Bayi Meski Hanya Sesaat

Bayi Anda menangis, tentu Anda ingin mengeluarkan dia dari car seat sejenak demi meredakan tangis bayi. “Tidak ada alasan untuk mengeluarkan bayi dari car seat,” kata Schaefer-Wilson. Anak Anda tidak sebaiknya dibiarkan tanpa pengamanan, dalam kondisi apapun.

3. Berkendara Dengan Hewan Peliharaan Yang Berkeliaran di Dalam Mobil

Mungkin Anda berpikir, binatang peliharaan Anda terlalu besar atau terlalu nakal untuk dikurung di dalam keranjang sepanjang perjalanan. Hilangkan pikiran itu. Jika terjadi kecelakaan, hewan seberat 15kg bisa terpelanting dan melukai anak Anda atau dirinya sendiri.

4. Membawa Terlalu Banyak Muatan

Anda tentu pernah melihat mobil dengan muatan yang sangat banyak sehingga pengemudi tidak bisa melihat spion. Dan Anda tentu tidak ingin si kecil dikelilingi benda-benda yang bisa membahayakan dia ketika mobil direm mendadak, bukan?

5. Lupa Mengecek Ulang Car Seat

Anak-anak banyak bergerak dan kerap memainkan pengikat car seat mereka, terutama dalam perjalanan jauh. Setiap kali Anda “mengunci” si kecil kembali ke dalam car seat, periksa apakah tali pengikat sudah mengendur dan klip pengunci berada di posisi yang benar. “Hampir bisa dipastikan anak memainkan atau mengendurkan tali pengikat agar mereka merasa lebih nyaman,” kata Schaefer-Wilson. Ingat, sistem pengunci harus cukup ketat mengelilingi anak hingga jarak antara tubuh anak dengan sistem penguncian tidak lebih dari satu jari Anda.

BACA JUGA:

2 comments on «5 Hal Yang Harus Dihindari Saat Berkendara»

Leave a Reply