5 Kebiasaan Buruk Anak Yang Harus Dicegah

5 Kebiasaan Buruk Anak Yang Harus Dicegah

5 Kebiasaan Buruk Anak Yang Harus DicegahAnak-anak terkadang memiliki kebiasaan atau perilaku aneh. Perilaku buruk tersebut biasanya sudah dilakukan sejak bayi, hingga menjadi suatu ‘kebiasaan’ yang masih saja dilakukan hingga anak-anak.Sebaiknya, perilaku tersebut dicegah sejak dini karena bisa berpengaruh pada kebiasaannya saat remaja nanti bahkan berakibat buruk untuk kesehatannya.

1. Menghisap Ibu Jari

Kebiasaan yang satu ini bisa dibilang kebiasaan yang paling sering ditemukan pada anak-anak. Mengemut jempol (ibu jari) bagi beberapa anak adalah hal yang menyenangkan dan nikmat. Ini bisa jadi pengaruh saat kecil yang selalu diberi empeng. Jadi saat empeng dilepas, jempol menggantikannya. Biasanya kebiasaan menghisap jempol sudah mulai terlihat sejak bayi. Tentu kamu nggak mau kan kalau si kecil selalu menghisap jempol? Cara menghindari kebiasaan ini adalah bila bayimu sudah sering memasukkan jempolnya ke mulut, jangan pernah ragu  melepaskan jari dari mulutnya. Begitu seterusnya agar nggak jadi kebiasaan si kecil.

2. Menggigit Kuku

Beberapa anak menggemari kuku sebagai obyek untuk digigiti. Tahukah kamu terkadang kebiasaan ini muncul karena kecerobohan orangtua juga? Ya, ada beberapa orangtua yang sering lupa mengecek panjang pendek kuku anaknya. Ketika kuku si kecil sudah panjang dan kamu lupa memotongnya, saat itulah jadi kesempatan anakmu asyik menggigiti kuku tangannya. Kemudian si kecil menganggap bahwa cara termudah dan tercepat memotong kuku adalah dengan menggigitnya! Menggigit kuku dapat menjadi sarana masuknya kuman ke dalam tubuh. Cara yang paling tepat agar kuku nggak jadi “makanan” favorit anakmu adalah dengan rajin memotong kukunya secara teratur. Selain itu,  jelaskan juga efek buruk bagi kesehatan akibat dari kebiasaan menggigiti kuku pada buah hatimu.

3. Memakan Semua Yang Ada Di Depan Mata

Anak-anak gemar memasukkan apa pun ke dalam mulutnya. Termasuk benda-benda kecil yang  ditemukan dimana saja. Hal ini bisa terjadi karena anak-anak memiliki rasa penasaran yang cukup besar. Mereka belum mengerti kalau nggak semua benda atau makanan di depan matanya, bisa  dimakan. Memberikan pengertian kepada buah hatimu adalah salah satu cara tepat mencegah perilaku ini. Jangan pernah malas mengingatkan kalau makanan yang sudah jatuh berarti nggak boleh dimakan karena sudah terkena kuman. Kamu bisa memberikan opsi lain, yaitu boleh mengambil makanan yang jatuh tapi buanglah ke tempat sampah.

One comment on “5 Kebiasaan Buruk Anak Yang Harus Dicegah

Leave a Reply