keuntungan anak belajar homeschooling

5 Keuntungan Homeschooling Bagi Anak

Lima Keuntungan Homeschooling Bagi AnakMemilih pendidikan untuk anak baik sekolah formal maupun homeschooling merupakan hak setiap orang tua. Namun, kebanyakan para orang tua memilih sekolah formal untuk anak mereka agar kehidupan sosialisasi sang anak bisa berjalan dengan baik. Akan tetapi, tidak sedikit juga para orang tua yang lebih memilih homeschooling untuk pendidikan sang buah hati.

Berdasarkan cerita dari sebuah keluarga seperti dikutip dari goodhousekeeping.com, ternyata homeschooling juga memiliki keuntungan bagi anak loh. Apa saja? Simak disini.

1. Anak-anak Bisa Menikmati Masa Bahagia Sebagai Anak-anak

Waktu belajar dalam homeschooling lebih efisien. Anak-anak bisa memiliki lebih banyak waktu luang setelah selesai belajar. Waktu luang itu pun bisa digunakan untuk bermain, melakukan hobi, membuat seni atau bahkan bermain dengan hewan peliharan mereka. Tentunya, waktu luang tersebut bisa membuat mereka senang dengan hal positif yang mereka lakukan.

2. Mereka Mau Berteman Dengan Segala Umur

Secara alami, anak-anak mau berteman dengan siapa saja. Baik yang seumuran dengannya atau bahkan yang lebih tua atau yang lebih muda darinya. Hal ini dikarenakan sang anak tidak berada dilingkungan seumurannya saja. Anak-anak tidak mengenal senioritas dan batasan usia dalam pertemanan.

3. Pendidikan Konstant

Pendidikan homeschooling sangat baik bagi keluarga yang dituntut untuk berpindah-pindah. Karena tentunya pendidikan homeschooling tidak akan mengganggu pendidikan sang anak.

4. Belajar Sekaligus Liburan

Salah satu keuntungan homeschooling adalah anak-anak bisa belajar sekaligus liburan. Karena, anak-anak tidak hanya belajar dirumah tetapi juga bisa dilakukan diuar rumah seperti taman hiburan. Bahkan hal ini bisa dilakukan meski bukan dimusim liburan saja.

5. Mereka Menyadari Pentingnya Bersosialisasi dengan Lingkungan Di Luar Rumah Sekaligus Sekolah

Kebanyakan anak-anak homeschooling tidak punya teman sekolah. Karena itulah mereka memiliki rasa untuk memiliki teman yang banyak, lingkungan serta komunitas.

Kenalkan anak pada lingkungan atau komunitas yang positif sejak dini agar mereka tahu seperti apa lingkungan mereka saat mereka memiliih teman sendiri.

Lantas, apakah pendidikan homeschooling yang paling tepat untuk anak? Belum tentu juga. Anda juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan pendidikan yang dibutuhkan oleh anak dan juga kondisi dalam keluarga Anda. Bijaklah dalam memilih pendidikan anak karena hal tersebut sangat berperan penting bagi masa depan anak.

BACA JUGA:

Leave a Reply