jenis-jenis vitamin

A-Z Tentang Vitamin

A-Z Tentang VitaminAda banyak vitamin yang kita butuhkan untuk tubuh kita. Tapi, apakah Anda sudah tahu apa saja jenis-jenis vitamin itu? Simak disini:

VITAMIN A

Bekerja sama dengan gen untuk pertumbuhan tubuh, penting untuk kesehatan mata, kulit, dan rambut, dan membantu tubuh melawan infeksi. Vittamin A berfungsi untuk kulit kering dan penglihatan berkurang.

Sumber vitamin A bisa didapatkan dari Hati, wortel, produk susu, ubi merah, labu, mangga, bayam, keju cheddar, cabai. Akan tetapi, jika terlalu berlebihan mengonsumsi vitamin A juga tidak baik. Karena bisa menyebabkan kerusakan hati, tulang, dan gangguan penglihatan. Tanda kelebihan vitamin A adalah telapak tangan dan kelopak mata berwarna kuning.

VITAMIN D

Membantu menyerap kalsium dan fosfor untuk kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D berguna bagi yang mengalami otot dan tulang lemah, serta terjadi osteomalacia. Vitamin D bisa didapatkan dari Ikan tuna, udang, mentega, biji bunga matahari, minyak ikan.

VITAMIN E

Berfungsi sebagai antioksidan alami, membantu penyembuhan, mencegah terjadinya bekas luka, menjaga kesehatan sel darah merah dan saraf, dan juga melindungi membran sel. Sumber vitamin E bisa didapatkan dari Kacang almond, selai kacang, minyak biji matahari. Namun, terlalu banyak vitamin E justru bisa meningkatkan asam lambung, sakit kepala, cepat lelah dan lemah otot.

VIITAMIN K

Vitamin K berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah dan untuk menghentikan pendarahan. Vitamin K dibutuhkan bagi yang mengalami pembekuan darah tidak normal. Kekurangan vitamin ini jarang terjadi pada orang dewasa, tapi sering pada bayi yang baru lahir. Sumber vitamin K bisa didapatkan dari sayuran hijau, kedelai, kol, brokoli, susu, hati, asparagus.

VITAMIN C

Vitamin ini berfungsi untuk memproduksi kolagen, menjaga kesehatan tulang, kulit, gigi, dan nadi, membantu penyerapan zat besi. Vitamin C dibutuhkan untuk kehilangan gairah makan, kram otot, kulit kering, rambut bercabang, gusi berdarah, anemia, infeksi, penyembuhan lambat.

Terlalu berlebih mengonsumsi vitamin C bisa menyebabkan diare, meningkatnya asam lambung. Bila kelebihan terjadi dalam waktu cukup panjang, bisa menimbulkan nyeri saat buang air kecil karena vitamin C keluar dalam bentuk kristal. Sumber vitamin C bisa berasal dari Jambu biji, cabai merah, brokoli, selada air, sayuran hijau, jeruk, kiwi.

BACA JUGA: