Akibat Jika Anak Sering Diabaikan

Akibat Jika Anak Anda Terlalu Sering Diabaikan

Akibat Jika Anak Anda Terlalu Sering DiabaikanKalau Anda memiliki seorang “bintang” di rumah yang mencuri perhatian dengan bakat musiknya, atau kepandaian berolahraga, atau anak dengan perilaku atau isu kesehatan yang memerlukan perhatian ekstra, saudara-saudara kandungnya bisa merasa diabaikan. “Semua anak merasa butuh untuk diakui dan diperhatikan orang tuanya. Namun pada saat salah seorang anak menuntut waktu dan tenaga Anda lebih banyak, sangat penting menyakinkan anak-anak yang lain tahu bahwa mereka sangat berarti bagi Anda,” kata psikocterapis Fran Walfish, PsyD, penulis buku The Self-Aware Parent.

Semua saudara kandung bersaing, namun bila salah satu anak terus menerus mendapat pujian, hal itu bisa memerbesar persaingan di antara saudara sekandung. “Jika seorang anak melihat saudara kandungnya ‘bagus dalam segala hal,’ dia mungkin menganggap dirinya sebagai anak yang ‘buruk dalam segala hal,’” kata Frank Lawlis, PhD, penulis buku Mending the Broken Bond: the 90-Day Answer to Developing a Loving Relationship With Your Child.

Jadi, hindari membandingkan antara satu anak dengan yang lainnya. Ingatlah selalu bahwa setiap anak memiliki kelebihan tersendiri; Anda dapat mengangkat rasa percaya diri si cantik dengan menyebutkan kelebihannya itu. Ingatkan anak Anda bahwa dia spesial dan katakan kepadanya mengapa dia istimewa. Fokuslah pada hal-hal yang membuatnya unik, seperti rasa humornya atau keahlian khusus untuk mengetahui bagaimana perasaan orang–dan bagaimana menyemangatinya. Kemudian biarkan dia tahu bahwa kepandaiannya tidak luput dari perhatian Anda. (Kamu selalu membuat Mama tersenyum ketika Mama mempunyai masalah. Mama sangat menghargai itu, setiap orang dalam keluarga juga.”). 

Perilaku berikut mungkin mengindikasikan anak Anda merasa diabaikan.

  • Dia kembali melakukan kebiasaan lamanya seperti mengisap jempol.
  • Dia tiba-tiba cemas berpisah meski dia biasa nyaman meninggalkan Anda.
  • Si kecil yang baik hati tiba-tiba mulai mengamuk, tidak mematuhi orang tua, dan umumnya bertingkah.
  • Dia tiba-tiba menarik diri dan kelihatan sedih atau menolak ikut dalam hobi atau kegiatan favoritnya.

BACA JUGA:

2 comments on «Akibat Jika Anak Anda Terlalu Sering Diabaikan»

Leave a Reply