aktivitas fisik untuk anak penderita asma

Aktivitas Fisik Untuk Anak Penderita Asma

Aktivitas Fisik Untuk Anak Penderita AsmaMemiliki anak pengidap asma memang sangat mengkhawatirkan bagi orang tua. Karena, jika asma nya kambuh pasti akan sangat menderita. Namun, jika anak mendapatkan perawatan yang intensif asma tidak akan berbahaya.

Lalu, jika Anda bertanya agar asma anak tidak kambuh, apakah orang tua harus menghentikan aktivitas olahraganya atau membatasi aktivitas fisiknya?

Jawabannya adalah tidak perlu! Aktivitas fisik sangat bagus untuk anak-anak yang mengidap asma. Anda hanya perlu menyingkirkan hal-hal yang bisa menyebabkan asma anak Anda kambuh. Memang sangat alami jika Anda mengkhawatirkan terjadi serangan asma mendadak (apalagi saat Anda tidak ada). Namun dengan kontrol dan pengobatan yang tepat, anak Anda mampu bermain olahraga kesukaannya. Banyak anak yang menghirup steroid setiap hari untuk mengurangi peradangan saluran pernapasan. Atau obat nonsteroid yang dapat mengurangi respon terhadap pemicu asma.

Memang ada beberapa Kegiatan olahraga yang bisa memerburuk kondisi penyakit asma. Udara dingin dan kering adalah pemicu asma yang paling besar, sehingga Anda harus menjauhkan anak dari olahraga hoki es atau ski. Namun jika ia bersikeras ingin olahraga tersebut, Anda harus berkonsultasi dengan dokter atau memberikan obat yang tepat. Jika olahraga memicu gejala asma pada anak, Anda dapat menggunakan bronkodilator. Memberikan bronkodilator selama 15 menit sebelum olahraga dapat membantu menangkal gejala dan anak Anda bisa olahraga dengan penuh kesenangan.

BACA JUGA:

2 comments on «Aktivitas Fisik Untuk Anak Penderita Asma»

Leave a Reply