pendarahan setelah suntik KB

Amankah Pendarahan Setelah Suntik KB?

Pendarahan Setelah Suntik KBSetelah tiga bulan suntik KB, haid tidak kunjung datang. Tapi, tiap kali usai berhubungan intim, justru terjadi perdarahan. Apakah hal ini merupakan dampak dari KB suntik? Apakah berbahaya?

Kondisi yang Anda alami saat ini, yaitu tidak datang haid, memang merupakan dampak dari penggunaan suntik KB tiga bulanan yang mengandung preparat progesteron. Kondisi tersebut tidak berbahaya. Bahkan, ada keuntungan tersendiri, yaitu mencegah terjadinya anemia atau kekurangan darah yang umum terjadi pada wanita yang rutin mengalami menstruasi.

Kondisi lain yang juga bisa terjadi adalah keluarnya darah secara tidak teratur, yang umumnya hanya dalam jumlah sedikit, sehingga tidak akan berpengaruh pada kondisi tubuh. Kadangkala, keluarnya darah ini terjadi setelah melakukan hubungan seksual atau saat sibuk bekerja.

Perdarahan tidak teratur pada pengguna KB suntik umumnya hanya terjadi pada 6 hingga 9 bulan pertama saja. Saya sarankan agar Anda kembali berkonsultasi kepada dokter untuk memastikan tidak ada hal-hal lain yang menyebabkan perdarahan (di luar penggunaan suntik KB). Anda juga dapat mendiskusikan kemungkinan penggunaan kontrasepsi jenis lain yang lebih sesuai dengan kondisi dan keinginan, karena semua jenis kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

BACA JUGA:

4 comments on «Amankah Pendarahan Setelah Suntik KB?»

Leave a Reply