anak demam

Anak Anda Belum Tentu Perlu Obat

Anak Anda Belum Tentu Perlu ObatKetika anak sakit, orang tua bisa menjadi panik. Langkah pertama yang dilakukan pasti langsung memberikannya obat. Tapi tunggu dulu bu, jika anak Anda mengalami salah satu penyakit ini,Anda tidak harus langsung memberikannya obat. Menurut Janice Sullivan, MD, guru besar kedokteran anak di University of Louisville School of Medicine di Kentucky, satu dosis obat justru bisa membahayakan dan bukannya memberi manfaat.

BATUK ATAU PILEK

Sebuah polling pada 2010 menemukan bahwa 60 persen orang tua ini telah memberikan obat pilek kepada anak-anak mereka yang berusia di bawah 2 tahun, meskipun ada peringatan bahwa obat tersebut tidak membantu, dan bisa menyebabkan efek samping berbahaya. Pada anak-anak usia 1-6 tahun, Anda bisa meredakan gejala dengan satu sendok madu atau tetesan saline untuk hidung. Bagi bayi, gunakan pipet untuk mengangkat lendir hidung dan membantu melegakan penyumbatan.

DEMAM

Kenaikan temperatur sebenarnya membantu tubuh menghancurkan bakteri atau virus dan mengurangi lamanya waktu sakit. Jika demam tidak membuat anak merasa tidak nyaman, tolak keinginan memberi obat. Pastikan dia tidak kekurangan cairan dan demamnya akan segera hilang. Namun katakan kepada dokter anak Anda jika dia mengalami nyeri di telinganya atau gejala lain yang mengawatirkan, atau jika si kecil berusia di bawah 3 bulan dan mengalami demam lebih dari 38°C. (parentsindonesia)

BACA JUGA:

One comment on “Anak Anda Belum Tentu Perlu Obat

Leave a Reply