Bayi Juga Bisa Mengenal Rasa

Bayi Juga Bisa Mengenal Rasa

Bayi Juga Bisa Mengenal RasaMasih ingat betapa lidah Anda begitu akrab dengan jenis makanan tertentu saat hamil? Jangan heran jika si kecil nanti akan mewarisi kecintaan terhadap jenis makanan tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa calon ibu yang mengonsumsi makanan tertentu saat hamil tidak hanya akan menyalurkan makanannya pada janin. Kebiasaan makan ibu hamil juga akan membentuk makanan favorit yang disukai anak di kemudian hari.

Nyatanya, pada minggu ke-21 setelah konsepsi, bayi sudah bisa mengecap rasa. Caranya? Lewat cairan ketuban yang sarat dengan sari makanan serta minuman yang dikonsumsi ibu dalam beberapa jam terakhir. “Jenis rasa makanan seperti vanila, wortel, bawang putih, adas manis, mint, adalah jenis rasa yang terbukti disalurkan lewat cairan ketuban atau air susu ibu,” jelas Julie Mennella dari Monell Chemical Senses Center, Philadelphia, yang meneliti tentang pengenalan citarasa pada bayi. Hasil penelitian Mennella yang dipublikasikan di Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition 2009 ini juga menemukan bahwa tidak ada satupun rasa makanan yang tidak muncul di dalam kandungan.

Dalam penelitiannya, Mennella membagi 46 orang ke dalam tiga kelompok. Para calon ibu di kelompok pertama minum jus wortel selama trimester terakhir dan air putih selama menyusui. Kelompok kedua minum air putih selama trimester akhir dan minum jus selama menyusui. Kelompok ketiga minum air putih di trimester tiga dan saat menyusui. Setelah melahirkan, para peneliti memberi para ibu tersebut ramuan sereal, satu dibuat dari jus wortel dan satu lagi dibuat dengan air putih. Para bayi yang terpapar jus wortel saat disusui atau di dalam kandungan mengonsumsi lebih banyak sereal rasa wortel. Sementara bayi yang hanya terpapar air putih hanya memberikan respons negatif saat mengonsumsi sereal rasa wortel.

Penelitian lain juga mendukung hasil penelitian Menella. Studi di Prancis yang melakukannya terhadap adas manis pun mendapatkan hasil yang kurang lebih serupa. Begitu pula halnya dengan paparan bawang merah, bawang putih, dan vanila yang ada di dalam ASI, bayi juga bisa ikut menyukainya. Ini terutama karena apa yang dikonsumsi ibu bisa memengaruhi rasa ASI sampai dengan delapan jam.

MPASI dan Pola Makan Sehat
Citarasa makanan yang sudah dikenal bayi sejak dalam kandungan ini bisa dimanfaatkan untuk membuat bayi lebih menyukai MPASI racikan Anda sendiri. DR. Dr. Damayanti Rusli Sjarif SpA(K), konsulen Nutrisi Anak dan Penyakit Metabolik Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM memberi kiat pemberian makan kepada anak. Menurutnya, memberikan makanan yang dikonsumsi ibu semasa hamil kepada bayi justru bisa membuat bayi lebih “bersemangat” mengonsumsi MPASI karena sudah familiar dengan rasanya. “Ibu yang semasa hamil cukup sering mengonsumsi rendang misalnya, jangan heran jika anak akan lebih lahap makan bila makanannya dicampur sedikit bumbu rendang,” ujarnya memberi contoh. Tidak itu saja, bayi juga bisa diarahkan agar lebih familiar dengan makanan sehat sejak dini. Walaupun tidak lantas menjamin hasilnya, tapi paling tidak ibu bisa mengonsumsi sayur dan buah-buahan agar anak juga familiar dengan jenis makanan tersebut. Nah, jadi jika ingin si kecil merespons positif terhadap brokoli, mulailah dari diri sendiri.

BACA JUGA:

One comment on “Bayi Juga Bisa Mengenal Rasa

Leave a Reply