tips atasi pink eye pada bayi

Cara Atasi Pink Eye Pada Bayi

Cara Atasi ink Eye Pada BayiSeorang bayi memang masih rentan unutk terserang berbagai penyakit. Mulai dari kulit hingga mata. Namun, ibu tidak perlu khawatir karena hal ini memang wajar terjadi.

Salah satu hal penyakit yang sering dialami bayi adalah konjungtivitis atau bisa disebut dengan pink eye. Apa saja penyebabnya? Baca disini sepeti yang dikutip dari parentsindonesia:

Kotoran mata yang normal. Saat kotoran mata berwarna putih atau kerak berwarna kuning timbul dimata, bisa jadi ini tanda mata sedang bekerja. Penyebabnya adalah karena iritasi yang ditimbulkan dari bulu mata yang rontok atau goresan. Hal ini akan membuat mata memproduksi cairan lebih banyak untuk menenangkan atau membilas penyebab gangguan. Jika kotoran mata bisa menghilang dengan sendirinya selama 1-2 hari, Anda tidak perlu khawatir.

Cara mengatasinya adalah gunakan kain yang hangat dan lembab untuk membersihkan kerak secara lembut. Singkirkan alergen potensial seperti sampo yang menyebabkan iritasi atau selimut yang menjadi alasnya saat tengkurap. Hindari juga asap rokok yang mengganggu mata bayi karena akan memperburuk keadaan matanya.

Jika kotoran tidak hilang dengan sendirinya atau jika mata bayi Anda merah, dia mungkin mengalami konjungtivitis (pink eye) dan saatnya Anda membawanya ke dokter untuk diberikan tetes mata sesuai resep. Jika kotoran mata tidak hilang bahkan setelah Anda menanganinya selama beberapa hari, “seringkali kotoran mata terjadi karena saluran air mata yang tersumbat,” jelas Dr. Seru. “Ini tidak menular dan sembuh sendiri di usia setahun pada 98 persen bayi.”

BACA JUGA:

2 comments on «Cara Atasi Pink Eye Pada Bayi»

Leave a Reply