kiat hilangkan kebiasaan gigit kuku pada anak

Cara Hilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku Pada Anak

Cara Hilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku Pada AnakKebiasaan menggigit kuku pada anak umumnya muncul sejak kecil. Berawal dari iseng jadi rutinitas yang menyenangkan bagi mereka. Kalau dibiarkan, kebiasaan ini bisa terbawa sampai dewasa lho. Bila buah hatimu sudah perlihatkan gemar gigit-gigit kukunya, lebih baik kamu segera ambil tindakan agar si kecil nggak keterusan dengan kebiasannya. Apalagi kuku-kuku si kecil pun jadi kelihatan jelek dan tidak rapi. Yuk, ubah kebiasaan anakmu ini sebelum terlambat.  Kamu bisa coba dengan beberapa cara berikut ini.

Jangan Biarkan Kuku Panjang

Selalu rajin cek kondisi kuku buah hatimu adalah salah satu cara menghindari kebiasaan buruk ini. Kalau kukunya selalu rapi dan pendek tentu akan sulit bagi si anak menggigit kukunya. Karena sesungguhnya kenikmatan gigit kuku terletak pada kuku yang mulai tumbuh yang bisa digigitinya. Yuk, jangan malas cek kuku-kuku anakmu.

Perhatikan Psikologisnya

Coba deh Moms perhatikan saat anakmu mulai gigit kukunya. Lihat kondisinya, apakah ia sedang sedih, grogi, marah, bosan atau merasa nggak nyaman dengan lingkungan sekitarnya. Kalau pada situasi tertentu buah hatimu mulai lakukan kebiasaan buruknya itu, kamu akan tahu penyebabnya. Nah, kalau kamu sudah tahu penyebabnya akan lebih mudah cari solusinya. Misalnya saat si kecil mulai nggak nyaman, cepatlah ubah situasinya agar lebih menyenangkan. Misalnya ajak anakmu bermain, dengan begitu tanpa si kecil sadari kamu sudah mengalihkan kebiasaannya.

One comment on “Cara Hilangkan Kebiasaan Menggigit Kuku Pada Anak

Leave a Reply