cara tepat mengontrol tekanan darah tinggi

Cara Tepat Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Cara Tepat Mengontrol Tekanan Darah TinggiTekanan darah tinggi atau yang sering disebut hipertensi menjadi salah satu hal yang harus mendapat perhatian khusus. Karena hipertensi bisa menyebabkan serangan jantung dan gagal ginjal. Untuk itu, perlu dilakukan kontrol secara rutin agar tekanan darah tetap normal. Anda bisa melakukan beberapa cara dibawah ini untuk mengontrol tekanan darah Anda seperti dikutip dari livestrong.com berikut ini:

1. Konsultasi ke dokter

Sebelum melakukan berbagai cara mengontrol tekanan darah, hal yang harus pertama kali Anda lakukan adalah konsultasikan ke dokter apa saja yang harus dan tidak harus Anda konsumsi. Mintalah obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

2. Diet

Berat badan yang berlebih menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi. Karena jumlah darah yang dipompa arteri menjadi meningkat. Untuk itu, lakukanlah diet agar berat badan berkurang.

3. Beraktivitas

Tidak hanya mengurangi berat badan, berkativitas juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak perlu melakukan aktivitas yang berat. Cukup dengan jogging atau berjalan-jalan sekitar komplek rumah Anda selama 15-30 menit sehari.

4. Kurangi alkohol

Alkohol menjadi salah satu penyebab tekanan darah menjadi tinggi. Jika Anda pecandu alkohol, lebih baik hentikan dari sekarang juga.

5. Kendalikan stres

Stres merupakan sumber segala penyakit. Untuk itu, jangan membuat fikiran Anda menjadi stres. Jangan terlalu berfikir secara keras dan sedikit bersantai saja dalam bekerja.

6. Konsumsi makanan sehat

Jika semua cara diatas sudah dilakukan, salah satu hal penting untuk mejaga tekanan darah adalah mengonsumsi makanan sehat. Mengonsumsi buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Intinya, menjaga pola hidup sehat adalah hal yang paling penting. Karena hidup sehat akan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat.

BACA JUGA:

3 comments on «Cara Tepat Mengontrol Tekanan Darah Tinggi»

Leave a Reply