dampak buruk gadget untuk anak

Dampak Buruk Gadget Bagi Anak

Dampak Buruk Gadget Bagi AnakBelakangan ini banyak sekali balita atau anak-anak yang sangat pandai memainkan gadget, meski hanya untuk games atau permainan. Tapi sayangnya, kepandaian tersebut justru menjurus ke arah candu. Sehingga sulit sekali untuuk memisahkan anak dari gadget.

Kecanduan gadget atau alat elektronik lainnya ini sangat tidak baik bagi si kecil. Bukan hanya mengganggu kesehatan karena radiasi layar, tetapi juga bisa mengganggu mental dan psikologis anak. Berikut uraian tentang dampak buruk gadget bagi kesehatan anak:

1. Anak Akan Menjadi Pasif

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Infant Behavior and Developmentmenemukan bahwa anak di bawah usia dua tahun yang sering menonton televisi akan mengalami risiko keterlambatan tingkat tinggi pada perkembangan kognitif, motorik, dan bahasa. Semakin panjang durasi mereka menonton televisi, maka akan semakin parah gangguan yang akan dialaminya. Si kecil akan menjadi anak yang pasif dan terlambat untuk berkembang. Untuk itu, sebaiknya para orang tua harus lebih sering melakukan interaksi seperti mengajak anak berbicara atau bacakan dongeng sebelum tidur daripada membiarkan anak menonton televisi lama-lama.

2. Anak Menjadi Pemalas dan Berpotensi Obesitas

Terlalu sering bermain gadget atau menonton televisi bisa membuat anak menjadi malas dan bisa mengalami obesitas. Hal ini disebabkan karena anak terlalu fokus pada gadget sehingga membuatnya malas untuk bergerak sedikitpun. Kebiasaan ini justru bisa mengganggu aktivitas lainnya yang biasa dilakukan oleh si kecil. Hal inilah yang bisa memicu obesitas.

3. Anak Mengalami Gangguan Perilaku

Sebuah studi dari Pediatrics menyebutkan bahwa anak yang rewel disebabkan karena terlalu sering menonton televisi. perilaku anak ini disebabkan karena perangkat elektronik yang mengganggu pola tidur anak.

Selain mempengaruhi pola tidur, terlalu sering berhubungan dengan alat elektonik akan membuat sifat dan perilaku anak berubah. Si kecil cenderung akan meniru hal yang dilihatnya dari televisi dalam kehidupan sehari-harinya. Untuk itu, pilihlah acara televisi yang baik untuk anak. Atau yang lebih baik jauhi anak dari televisi. Lakukan berbagai permainan edukatif dengan anak sebagai pengganti kegiatan menonton televisi.

4. Anak Berisiko Menderita Rabun Dekat

Meskipun gangguan mata dipengaruhi oleh keturunan, namun penggunaan gadget yang terlalu berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan pada mata. Hal ini bisa disebabkan karena anak telalu dekat menatap layar gadget dan dalam waktu yang lama. Hal inilah yang menyebabkan anak berisiko menderita rabun dekat.

Lebih baik, sering-sering mengajak anak bermain ke taman atau ke tempat yang memiliki lahan hijau yang luas. Karena memandangi alam akan lebih menyehatkan mata daripada memandangi gadget sepanjang hari.

BACA JUGA:

2 comments on «Dampak Buruk Gadget Bagi Anak»

Leave a Reply