satu jam berharga setelah bayi lahir

Hari Pertama Bayi Lahir

Hari Pertama Bayi LahirKetika Anda tengah sibuk memikirkan masalah rawat inap pascabersalin, mungkin Anda tidak menyadari bahwa bayi Anda akan dua kali lebih sibuk dari Anda. Hanya 5 menit setelah lahir ke dunia, dia sudah dipegang-pegang, diutak-atik, diukur, dites, dimandikan, lalu dibedong. Prosedur melahirkan berbeda di setiap rumah sakit, tapi berikut ini gambaran apa yang akan terjadi pada hari pertama bayi Anda.

MENIT KE -1

Begitu bayi Anda lahir, dokter akan menyedot cairan dari hidung untuk mengeluarkan sisa air ketuban, dan memastikan rongga hidungnya tidak tersumbat. Dan, dokter juga akan memotong tali pusarnya. Begitu bayi keluar dari rahim Anda, Anda baru dapat melihat wajahnya dengan jelas untuk pertama kalinya. Meskipun di banyak film bayi yang baru lahir tampak lucu dan menggemaskan, kenyataannya jangan berharap dia akan muncul seperti itu. “Bayi Anda akan terlihat lebih mirip E.T. ketimbang model bayi di iklan popok,” kata Jennifer Shu, MD, spesialis anak dan penasihat Parents. Ingat, dia ‘berenang’ sembilan bulan lamanya di dalam perut Anda, maka dia butuh waktu untuk meregangkan tubuhnya. Dia juga akan muncul dengan wajah penuh lendir putih atau vernix (kulit ari), yang membungkus dan melindungi kulitnya dari air ketuban di dalam rahim Anda. Begitu dimandikan, lapisan ini akan luruh dengan mudah. Jangan khawatir jika Anda melihat biang keringat, bercak merah, atau noda-noda kecil putih pada kulitnya –ini wajar dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu pertama.

MENIT KE-5

Dalam 5 menit pertama,suster akan membasuh dan mengeringkan tubuh bayi, lalu membawanya ke tempat yang lebih hangat untuk menjaga suhu tubuhnya. Kemudian suster, atau suami Anda, dapat memotong tali pusarnya, kali ini lebih dekat ke perut bayi.

Dokter atau perawat akan menentukan skor Apgar bayi Anda untuk mengevaluasi kondisi kesehatannya –satu kali pada menit pertama kehidupannya, dan 5 menit kemudian satu kali lagi. Tes ini mengukur 5 faktor: detak jantung, pernapasan, rona kulit, kekuatan otot dan kesigapan refleks. ”Skor di atas 7, bayi dinyatakan sehat, tapi jarang sekali bayi mendapat skor 10 –jangan terlalu berharap,” ujar Dr. Shu. Skor rendah berarti si kecil butuh bantuan saat beralih dari rahim ke kehidupan nyata, tapi tidak berarti bayi Anda akan mengalami gangguan kesehatan nantinya.

1 JAM PERTAMA

Dalam 1 jam pertama, bayi akan diberi tetes mata antibiotik untuk mencegah infeksi dan suntikan vitamin K di paha atas untuk mencegah pendarahan. Setelah itu, Anda boleh memeluknya untuk menjalin kedekatan dengan bayi Anda. (Jika bayi Anda butuh pemeriksaan lebih lanjut, dia akan dibawa ke ruang perawatan atau ke NICU –ruang perawatan intensif untuk bayi.)

Begitu Anda mulai pulih setelah proses persalinan, perawat akan menyarankan Anda untuk mulai menyusui. Jangan cemas meski air susu Anda tidak langsung mengalir –bagi kebanyakan ibu (terutama ibu baru), air susu baru akan keluar setelah 1-2 hari. Tapi, Anda akan memproduksi kolostrum, cairan bening yang mengandung nutrisi untuk melindungi bayi dari infeksi, ujar Robert Atlas, MD, kepala bagian obstetri dan ginekologi Mercy Medical Center di Baltimore, Maryland. Isapan mulut bayi pada puting susu Anda akan merangsang hormon-hormon Anda untuk ‘memberitahu’ tubuh Anda bahwa kini saatnya memproduksi ASI.

“Ingat, ada masa penyesuaian bagi Anda dan si kecil pada awal pemberian ASI,“ kata Dr. Shu. ”Perlu waktu bagi Anda berdua untuk membiasakan diri.” Anda bisa menanyakan kepada perawat tentang cara menyusui yang benar. Awalnya, Anda akan mencoba menyusui setiap dua atau tiga jam sekali, tapi jika ternyata Anda tidak bisa atau memilih untuk tidak menyusui, pihak rumah sakit akan memberitahu Anda cara memberi susu formula kepada bayi.

12 JAM PERTAMA

Setelah merasakan kebersamaan dengan buah hati Anda, suster akan menunjukkan cara memakaikan popok, membedong, dan memandikan bayi. Dengan persetujuan Anda, si kecil akan mendapatkan imunisasinya yang pertama, yaitu vaksinasi hepatitis B.

Dalam 24 jam pertama, bayi Anda akan mendapatkan pemeriksaan menyeluruh oleh dokter ahli anak Anda atau koleganya di rumah sakit tersebut. “Pada kunjungan pertama, dokter ahli anak akan melakukan pemeriksaan ekstensif, dari ujung rambut hingga ujung kuku kaki,” jelas Dr. Shu. Dokter akan mengukur panjang badan, berat, dan lingkar kepala untuk dibandingkan dengan masa ketika bayi di dalam kandungan (gestational age). Dokter juga akan mendengarkan detak jantung dan kerja paru-paru, mengukur suhu tubuh, dan memeriksa jika ada kelainan. Ini adalah saat yang tepat untuk banyak bertanya, meminta panduan untuk menjalani hari-hari berikutnya, sekaligus menanyakan jadwal kunjungan pertama ke tempat prakteknya.

24 JAM PERTAMA

Bayi Anda akan tidur selama 12-22 jam pada hari pertama, manfaatkan untuk ikut beristirahat! “Prinsipnya, saat bayi tidur, ibunya juga harus ikut tidur,” kata Dr. Atlas. Tubuh Anda baru saja menjalani sebuah pengalaman yang menguras tenaga, Anda butuh waktu untuk pemulihan dan mengembalikan tenaga Anda. Plus, Anda akan membutuhkan banyak energi sepulangnya dari rumah sakit dengan membawa si kecil. (Janna)

BACA JUGA: