Kebanyakan Orang Tua Menyangkal Anaknya Kegemukan

Kebanyakan Orang Tua di Indonesia Menyangkal Anaknya Kegemukan

Kebanyakan Orang Tua di Indonesia Menyangkal Anaknya Kegemukan. “Dokter anak mengatakan batita kami kelebihan berat badan. Suami dan ipar saya bersikeras bahwa putra kami hanya ‘besar untuk usianya’ dan nantinya berkurang sendiri,” kata seorang ibu tentang anaknya yang tergolong gemuk. Anda mungkin termasuk ibu yang seperti itu.

Menyangkal merupakan masalah utama dalam menangani anak-anak overweight. Pada 2012, sebuah universitas di Maryland melakukan penelitian dan menemukan bahwa 78 persen ibu dengan anak overweight tidak menyadari secara tepat ukuran berat badan anaknya.

Karena belakangan ini begitu banyak anak-anak bertubuh lebih berat dari semestinya, masalah berat badan jadi tidak terlihat sebagai hal yang ‘tak biasa’, kata Vandana R, Sheth, RD, ahli diet bersertifikat  di Los Angeles dan juru bicara the Academy of Nutrition and Dietetics.

Tetapi Body Mass Index (BMI) anak-anak tidak bisa berbohong. Angka ini merupakan rasio antara tinggi dan berat badan, disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin, dan kemudian diplotkan pada persentil nasional. Orang tua sekarang harus mendapatkan persentil berat badan anak mereka setiap kali membawa anak mereka checkup, mulai dari usia 2 tahun, demikian menurut the American Academy of Pediatrics. Seorang anak dengan BMI  berada pada persentil 85 sampai 95 termasuk kategori overweight. Anak dengan persentil di atas 95  termasuk gemuk (obese).

Jika Anda punya pasangan atau saudara yang menyangkal hal ini, ajak dia saat Anda membawa si kecil ke dokter. “Kadang-kadang saya menulis resep untuk  orang tua lain agar datang menemui saya, sehingga saya bisa menjelaskannya,” kata penasihat Parents , David Ludwig, MD, PhD, profesor pediatrik pada Havard Medical School dan director  of the New Balance Foundation Obesity Prevention Center di Boston Children’s Hospital. “Setelah mendengar risiko kesehatan yangakan dialami anak, orang tua yang satunya mungkin lebih menghargai pentingnya menangani berat badan anak.”

Tanpa penanganan yang baik, batita overweight tiga kali lipat  lebih mungkin tetap mengalamioverweight pada usia 12 tahun, ini berdasarkan temuan riset yang dilakukan the National Institutes of Health.

BACA JUGA:

4 comments on «Kebanyakan Orang Tua di Indonesia Menyangkal Anaknya Kegemukan»

Leave a Reply