Kenali Tubektomi Untuk Sterilisasi pada Istri

Kenali Vasektomi Untuk Sterilisasi Pada Suami

Dalam artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang Tubektomi Untuk Sterilisasi Pada Istri. Dan sekarang mari kita bahas tentang Vasektomi Untuk Sterilisasi Pada Suami.

Apa itu vasektomi?

Vasektomi adalah metode sterilisasi dengan cara mengikat saluran sperma (vas deferens) pria. Tidak seperti tubektomi, maka proses vasektomi merupakan bedah minor sehingga hanya memerlukan bius lokal saja untuk prosesnya

Apa yang harus dipersiapkan sebelum melakukan vasektomi?

Karena vasektomi adalah bedah minor, maka anda tidak perlu menginap. Anda dapat melakukan vasektomi kapanpun anda siap. Persiapan yang dapat anda lakukan adalah:

– Mandi sebelum operasi dilakukan atau setidaknya membersihkan daerah skrotum (buah zakar) dan selangkangan paha.

– Membawa celana khusus untuk menyangga skrotum.

– Cukur atau potong pendek rambut kemaluan (pubis) anda.

Bagaimana cara melakukan vasektomi?

Prinsip vasektomi adalah mengikat kedua saluran sperma anda. Ada beberapa alternatif lain tersedia untuk mengikat yaitu dengan cara mengikat saja, memasang klip tantalum, kauterisasi, menyuntikkan sclerotizing agent, menutup saluran dengan jarum dan kombinasinya. Ada dua cara melakukan vasektomi yaitu :

Metode vasektomi standar, cara ini dimulai dengan melakukan anestesi/bius lokal ke daerah pertengahan skrotum (bila anda takut anda dapat meminta sedasi). Kemudian dilakukan sayatan 1-2cm diatasnya. Bila saluran sudah tampak maka saluran akan dipotong, lalu kedua ujungnya akan diikat. Hal sama akan dilakukan pada saluran sperma satunya. Kemudian luka ditutup dengan penjahitan.

Kenali Vasektomi Untuk Sterilisasi Pada Suami

Metode vasektomi tanpa pisau. Proses awalnya sama yaitu melakukan anestesi lokal pada skrotum lalu dengan klem dilakukan fiksasi pada saluran sperma, kemudian dengan forceps khusus dibuang lubang, lalu saluran ditonjolkan keluar untuk dikeluarkan melalui lubang forceps yang sudah diperbesar. Kemudian saluran sperma dipotong dan diikat dengan benang lalu dikembalikan ke dalam skrotum. Luka ditutup dengan perban.

One comment on “Kenali Vasektomi Untuk Sterilisasi Pada Suami

Leave a Reply