alasan bayi suka menjulurkan lidahnya

Kenapa Bayi Suka Menjulurkan Lidah?

Bayi Suka Menjulurkan LidahKetika kehidupan sebagai orangtua dimulai, Anda akan menyaksikan berbagai macam ‘gerakan ajaib‘ bayi. Salah satu gerakan klasik yang biasa dilakukan bayi adalah menjulurkan lidah. Coba saja Anda menjulurkan lidah di hadapan si kecil, beberapa hari kemudian dia akan menjulurkan lidah juga.

Apa  yang terjadi? Para peneliti menyatakan ini adalah fenomena yang baru terjadi selama 1 dekade terakhir. Ada juga yang menyatakan ini sebagai imitasi sosial. Tapi sebuah penelitian terbaru tentang bayi baru lahir melihat kasus ini sebagai fenomena ‘imitasi tonjolan lidah’ dan telah disimpulkan bahwa apa yang dilakukan bayi merupakan control neuromuscular yang merupakan cara untuk menjalin hubungan dengan orangtuanya.

Apakah perlu khawatir jika bayi saya tidak melakukannya? Perlu diingat ‘imitasi tonjolan lidah’ bukan hasil dari tes diagnostik. Beberapa bayi melakukannya namun ada juga yang tidak. Intinya, meskipun bayi tidak menjulurkan lidahnya, jika dia masih bisa berinteraksi dengan orang di sekitarnya, Anda tidak perlu dikhawatirkan.

Apakah ini hanya proses belajar? Semua gerakan yang bayi lakukan menunjukkan perkembangan otak dan membutuhkan stimulasi supaya perkembangan otak lebih maksimal. Bayi belajar setiap saat. Tugas sebagai orangtua adalah menunjukkan berbagai macam gerakan stimulasi supaya proses belajar si kecil lebih lancar. Perlu dikehathui dibalik semua gerakan yang bayi ada ikatan sosial dengan orang tua. Bayi tidak hanya belajar tentang dunia di sekitarnya, dia juga mencari tahu apakah ada ikatan antara dia dengan orangtua melalui proses bermain.

BACA JUGA:

One comment on “Kenapa Bayi Suka Menjulurkan Lidah?

Leave a Reply