makna bahasa tubuh bayi

Makna Bahasa Tubuh Bayi

Makna Bahasa Tubuh BayiBayi memiliki banyak bahasa tubuh untuk mengekspresikan sesuatu. Kita sebagai orangtua hanya bisa menebak-nebak, apa arti bahasa bayi itu. Tidak ada salahnya menebak. Tapi ada baiknya Anda membaca arti bahasa tubuh bayi untuk mengetahui apa yang sebenarnya bayi Anda rasakan,

Bayi Anda yang berusia 3 minggu tersenyum

Anda berpikir: Bayiku mencintaiku!

Apa yang sebenarnya terjadi: Sebelum bayi berusia 6 minggu senyuman hanya sensasi fisik—atau bayi hanya melepaskan energi. “Hal ini terjadi antara usia 6 sampai 12 minggu hingga bayi mulai memiliki senyuman sosial—perilaku responsif di mana Anda tersenyum pada bayi Anda dan dia senyum kembali pada Anda,” kata penasihat Parents Ari Brown, MD. Pada usia 4 bulan, bayi akan melakukan senyuman yang disebut “tersenyum sosial selektif,” artinya dia hanya memberikan senyumannya pada orang-orang yang disukainya.

Bayi Anda yang berusia 2 bulan tidak berhenti menangis

Anda berpikir: Ada masalah.

Apa yang sebenarnya terjadi: Anda mungkin menebak, perasaan si kecil terganggu karena sesuatu. Untuk bayi, gangguan sekecil sentuhan dapat menyebabkan tangisan tanpa henti. Bayi Anda juga mungkin menderita overstimulasi. Jika Anda sedang bermain dengan bayi dan dia mulai berpaling, putar kepalanya ke arah sebaliknya, atau alihkan pandangannya, dia mungkin perlu ketenangan. Biarkan dia beristirahat di pelukan Anda.

Bayi berusia 6 bulan mengoceh

Anda berpikir: Dia berbicara.

Apa yang sebenarnya terjadi: Bayi sedang bermain dengan pita suara mereka. Pada usia ini, keterampilan primitif berperan besar saat bayi Anda mulai membuat berbagai suara dan mencoba berbagai intonasi untuk meniru percakapan orang dewasa. Ketika dia mendekati usia 1 tahun, keterampilan bahasa akan mulai mucul dan dia dapat mengaitkan kata dengan benda. Sebaiknya tangapi ocehan bayi Anda, dan dorong dia untuk terus membuat suara untuk memantapkan kemampuan lisannya.

Bayi berusia 9 bulan melempar piring ke lantai

Anda berpikir: Dia membenci yang saya memasak.

Apa yang sebenarnya terjadi: Jika si kecil menjulurkan bibir bawahnya dan lidah lali mengeluarkan makanan itu adalah cara bayi menyampaikan rasa jijik. Kemungkinan makanan Anda baik-baik saja. Bayi hanya penasaran. Bayi melempar barang yang dipegangnya untuk melihat apa yang terjadi pada benda itu. Jika Anda merasa lelah karena si kecil selalu melempar semua barang cobalah mengisi kotak tisu dengan kain, kemudian biarkan dia menarik dan melemparnya untuk menyenangkan hatinya.

BACA JUGA:

3 comments on «Makna Bahasa Tubuh Bayi»

Leave a Reply