Makna mimpi buruk saat masa kehamilan

Makna Mimpi Buruk Saat Masa Kehamilan

Makna Mimpi Buruk Saat Masa KehamilanIbu hamil sering mengeluh mimpi buruk selama hamil. Pakar kehamilan berpendapat ketakukan berlebih pada mimpi buruk ternyata bisa berpengaruh pada proses persalinan dan kehidupan pasca melahirkan.

Mimpi buruk yang menggangu tidur sangat biasa di kalangan ibu hamil. Faktanya 42 persen ibu hamil bermimpi bayi mereka ada dalam bahaya. Berdasarkan penelitian, mimpi buruk adalah refleksi kekhawatiran si ibu pada terhadap proses persalinan yang tidak berjalan lancar.

Namun pada minggu-minggu akhir kehamilan, mimpi buruk akan berubah menjadi indah. Mimpi tentang bintang, binatang, perjalanan hidup, dan mimpi bertema teatrikal adalah cerminan kehidupan nyata si ibu. Seorang ibu di Amerika Serikat Amanda Moses bercerita kalau ia mimpi aktor Johnny Depp menang Piala Oscar. “Saya berada di sebelah Johnny dan menangis. Saya juga mengucapkan pidato terima kasih kepada penonton,” katanya. Setelah bangun, kata Amanda perasaannya sangat puas dan ia berharap mimpi di awal kehamilan sama menyenangkannya pada saat akhir menjelang persalinan. 

Sementara Psikolog dan pengarang buku of Every Dream Interpreted Veronica Tonay, Ph.D. berpendapat Ibu hamil juga biasanya bermimpi tentang bintang. “Ternyata binatang yang mereka mimpikan punya sifat seperti manusia,” katanyaKenapa binatang sering muncul? Veronica menambahkan, itu karena binatang melambangkan pertemanan dan bisa membuat si ibu merasa tenang.

Mengatasi Mimpi Buruk Saat Hamil

Mimpi buruk saat hamil memang bisa membuat si ibu ketakukan. Jika khawatir, ceritakan mimpi tersebut kepada pasangan atau orang terdekat. David Kuhlmann, M.D., direktur terapi mimpi dari Bothwell Regional Health Center, Sedalia, Missouri menrekomendasikan, membuat catatan mimpi buruk. Caranya, catat semua kegelisahan yang dirasakan sebelum tidur. Pagi harinya setelah bangun catat semua mimpi yang diingat. “Dengan membandingkan apa yang Anda rasakan sebelum tidur dengan mimpi yang terjadi, bisa disimpulkan bahwa ada hubungan antara kegelisahan dan mimpi buruk. Jika Anda menyadari hal tersebut, mimpi buruk bisa dihindari dengan cara menuliskan hal yang positif sebelum tidur,” katanya.

Si Ayah Juga Bermimpi

Tak hanya ibu, si ayah juga bermimpi buruk tentang proses persalinan. Bedanya mereka tidak menceritakan mimpi tersebut kepada orang lain. “Mimpi mereka seperti ibu hamil. Mengikuti berapa lama usia kandungan,” kata Veronica Tonay Ph.D. Biasanya pada trimester pertama, seorang ayah mimpi berhubungan badan dengan perempuan lain. Pada trimester kedua pria bermimpi tentang rasa sayang dan perhatian kepada pasangan mereka sekaligus mimpi menjadi ayah yang baik. Sementara pada trimester ketiga, pria biasa bermimpi menjadi pahlawan atau mimpi menjadi dokter yang melakukan persalinan pasangannya.

BACA JUGA: