manfaat benda kesayangan untuk kepribadian anak

Manfaat Benda Kesayangan Bagi Kepribadian Anak

Manfaat Benda Kesayangan Bagi Kepribadian AnakJika Anda jeli, banyak hal yang bisa dipetik dari keterikatan anak dengan benda kesayangan.

– Kemandirian. Berkat selimut kesayangan, anak tidak lagi menangis setiap kali ia harus tidur di tempat tidurnya sendirian. Mengajari dia memakai kaos kaki bukan lagi masalah jika ia ”berkawan akrab” dengan si kaos kaki bergambar kelinci.

– Kasih sayang. Seperti halnya binatang peliharaan, boneka juga memberi pemahaman tentang kasih sayang yang tulus di dalam diri anak. Nilai-nilai kebersamaan, persahabatan, kesetiaan, bisa ditanamkan sejak dini melalui si boneka lucu.

– Tanggung jawab. Pemberian boneka kepada anak sebaiknya diikuti dengan pemberian contoh cara perawatan. Ajarkan bahwa boneka juga perlu mandi agar tetap bersih dan wangi serta perlu sesekali berjemur sehingga ia belajar bertanggung jawab terhadap benda kesayangannya.

– Kontrol emosi. ”Setiap kali ia marah atau sedih, saya selalu meminta Dessy untuk memeluk bantal kesayangannya. Biasanya dalam waktu singkat emosinya akan reda dan barulah ia menceritakan kekecewaannya kepada saya,” kata Elis Indarti, ibu rumah tangga asal Bandung.

– Perpisahan. Tidak mudah mengajarkan keikhlasan untuk berpisah dengan sosok yang benar-benar lekat dalam keseharian anak, terlebih mengajarkan kepada anak tentang perpisahan. Berpisah dengan benda kesayangan akan memberi pemahaman awal kepada anak bahwa sesuatu yang berwujud fisik tidak ada yang abadi.

BACA JUGA:

Leave a Reply