mengamati gerakan janin sesuai usianya

Masalah Air Ketuban Berlebih Selama Masa Kehamilan

Masalah Air Ketuban Berlebih Selama Masa KehamilanSelama 14 minggu pertama masa hamil, semua cairan melewati sistem sirkulasi Anda kedalam kantung ketuban. Pada awal trisemester kedua, bayi Anda akan mulai menelan cairan tersebut, dan mengeksresikannya sebagai urin, yang terkadang akan ditelan lagi.

Terkadang, sistem sirkulasi ini rusak dan akan menghasilkan air ketuban berlebih selama masa hamil, yang terkadang akan menyebabkan masalah.

Dalam keadaan normal, jumlah air ketuban akan meningkat sampai awal trisemester ketiga Anda. Pada minggu ke-34 sampai ke-36, didalam perut Anda mungkin terdapat sekitar 1 liter air ketuban. Setelah itu, cairan ketuban akan berkurang perlahan-lahan sampai Anda melahirkan. Jika cairan ketuban lebih dari 1 liter, maka hal tersebut dinamakan polyhydramnios.

Ahli kesehatan Anda mungkin akan mencurigai masalah ini jika uterus Anda berkembang lebih cepat daripada biasanya. Perut Anda akan merasa tidak nyaman, meningkatnya nyeri pinggang, sesak nafas, dan juga pembengkakan hebat pada kaki dan engkel. Jika hal ini terjadi, ahli kesehatan Anda akan melakukan ultrasound, dan Sonografer akan menghitung tingkat amniotic fluid index (AFI) Anda.

Para ahli sendiri tidak mengetahui penyebab pasti polyhydramnios, tetapi ada beberapa hal yang mungkin menyebabkannya, seperti:

  • Diabetes maternal, yang dapat meningkatkan tingkat cairan tubuh. Kelainan polyhydramnios terdeteksi pada sekitar 10 persen ibu hamil dengan diabetes.
  • Hamil kembar atau lebih. Polyhydramnios khususnya akan terjadi pada sindrom transfuse antar anak kembar, dimana anak satu memiliki lebih banyak air ketuban daripada yang lain.
  • Bayi dengan kelainan genetik, seperti bayi down syndrome.
  • Anemia fetal, dimana polyhydramnios bisa menjadi tanda bahwa bayi mengalami anemia berat yang diakibatkan dengan ketidakcocokan Rh blood.

Jika Anda didiagnosa polyhydramnios, ahli kesehatan Anda akan melakukan ultrasoundresolusi tinggi untuk memeriksa ketidaknormalan dan kemungkinan amniocentesis untuk menguji cacat genetik. Anda juga harus menjalani tes non-stress secara reguler, atauultrasound itu sendiri selama masa kehamilan untuk memonitor perkembangan bayi. Anda juga akan diawasi, jika nantinya ada tanda-tanda persalinan prematur. Jika sebelumnya Anda tidak pernah menjalani tes diabetes gestasional, Anda akan menjalaninya sekarang.

Pendarahan postpartum juga akan cenderung terjadi, karena uterus Anda yang terlalu buncit mungkin tidak akan mampu berkontraksi dengan baik, jadi Anda akan diawasi juga setelah Anda melahirkan.

BACA JUGA:

2 comments on «Masalah Air Ketuban Berlebih Selama Masa Kehamilan»

Leave a Reply