mengasah keterampilan bayi

Mengasah Keterampilan Bayi Dengan Mudah

Keterampilan anak perlu diasah sejak masih bayi. Untuk mengajarkan keterampilan kepada anak, Anda harus menyesuaikan dengan usia si kecil. Cara-cara di bawah ini bisa bermanfaat dalam membangun ketertampilan bayi. Anda bisa ikuti dan menerapkan cara-cara ini supaya si kecil lebih terampil.

Menambah waktu tengkurap

Bayi memang harus tidur dalam posisi terlentang. Tapi penting juga bagi mereka untuk tengkurap. Tentunya saat mereka sedang terjaga. Bayi yang bermain di atas perut mereka ketika berinteraksi dengan orangtua dan pengasuhnya akan memeroleh keterampilam motorik lebih cepat daripada bayi yang tidak tengkurap. Menurut American Physical Therapy Association, berintraksi dengan posisi tengkurap harus berlangsung hingga batita.

Meletakkan bayi dengan posisi tengkurap perlu dilakukan sedini mungkin. Pada minggu pertama usia bayi beri si kecil waktu sekitar satu atau dua menit tengkurap di atas perut orangtua. Lakukan ini setelah bangun tidur, ganti popok, dan setelah menyusui. Selama si kecil tidak memiliki masalah seperti gumoh, posisi tengkurap boleh diteruskan.

Menyanyi dengan keras

Gerakkan lengan dan kaki bayi Anda sambil menyanyikan lagu sederhana seperti “balonku” atau “Burung kakak tua.” “Ritme dan gerakan tubuh akan membantu membangun bentuk awal koordinasi,” kata Lisa Chiarello PhD, terapis fisik anak dan lector kepada di Drexel University, Philadelphia.

Meraih bola yang menggelinding

“Bayi besar suka bermain dengan bola dan mereka dapat memelajari inti dari permainan dasar dengan bola,” kata Kim Graber, EdD, lector kepala kesehatan kinesiology dan komunitas di University of Illinois. Begitu anak bisa duduk, gulirkan bole ke depan dan ke belakang. Cara ini mendorong kemampuan melacaknya dan mengajarkannya menguasai bola sebelum dia dapat berdiri, melempar, dan menangkap. Setelah dia bisa berjalan mungkin dia akan menendang bola besar.

BACA JUGA:

One comment on “Mengasah Keterampilan Bayi Dengan Mudah

Leave a Reply