mengamati gerakan janin sesuai usianya

Nutrisi Penting Untuk Otak Janin

Nutrisi Penting Untuk Otak JaninSelama masa kehamilan, penting bagi ibu untuk menjaga nutrisi bagi janin. Ada banyak makanan yang sudah terbukti memberi dampak positif untuk perkembangan daya ingat dan kapsitas belajar anak. Tapi, ada juga makanan yang bisa menghambat perkembangan buah hati. Untuk itu, peranan ibu sangat penting dalam memberikan nutrisi untuk anak sejak dalam kandungan.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari oleh ibu hamil:

Makanan yang baik untuk dikonsumsi:

  • Vitamin prenatal yang menyeimbangkan kebutuhan gizi yang diperlukan janin, seperti asam folat, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, dan zinc. Jangan lupa konsultasikan konsumsi vitamin dengan dokter kandungan Anda.
  • Omega 3. Semakin tinggi konsumsi omega 3 yang ada pada ikan,  semakin tinggi pula perkembangan mental bayi. Namun, konsumsi ikan peru dibatasi. Cukup dua porsi seminggu saja.
  • Buah dan sayur yang mengandung antioksidan yang bisa menlindungi jaringan otak dari kerusakan. Selain sayuran hijau, konsumsi juga pepaya, blueberry dan tomat.
  • Protein yang bisa didapatkan dari yoghurt,smoothie, sup kacang polong,selai kacang diatas biskuit gandum utuh, atau daging sapi rendah lemak.
  • Zat besi yang bisa didapt dari daging sapi rendah lemak, ayam dan sereal yang diperkayaa zat besi.

Makanan Yang Harus Dihindari:

  • Ikan memang baik untuk ibu hamil, namun hindari jenis ikan yang terkontaminasi merkuri berbahayaa. Food and Drug Administration menyarankan wanita hamil untuk tidak mengonsumsi hiu, king mackerel, dan ikan todak. Konsumsi ikan yang baik seperti salmon, lele, ikan putih, ikan nila dan udang
  • Hindari mengonsumsi sejumlah bir, anggur atau liquor karena bisa membaahyakan otak janin dan berisiko cacat lahir.
  • Daging dan telur yang belum matang. Makanan seperti ini bisa menyebabkan toksoplasmosis. Sebelum memasak, cuci tangan Anda terlebih dahulu, perhatikan alas memotong da pisau yang digunakan. Masak makanan hingga matang. Hindari juga tiramisu dan Caesar Salad yang menggunakan dressing telur mentah.

BACA JUGA:

2 comments on «Nutrisi Penting Untuk Otak Janin»

Leave a Reply