penyebab bau mulut pada anak

Penyebab Bau Mulut Pada Anak

Penyebab Bau Mulut Pada AnakKetika sedang mengajak anak berbicara, terkadang Anda mencium bau tidak sedap dari mulutnya. Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan bau mulut pada anak? Padahal, sudah rajin sikat gigi. Anda harus mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan bau mulut pada anak berikut ini:

Kebersihan Gigi

Kebersihan gigi memang menjadi salah satu penyebab bau mulut. Bau mulut pada anak biasanya disebabkan karena anak kurang bisa menjaga kebersihan giginya sendiri. Misalnya, anak malas menggosok gigi sehingga menyebabkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi terurai oleh bakteri. Bakteri inilah yang menimbulkan bau tidak sedap pada anak.

Untuk menghindarinya, Anda bisa mengajarkan anak untuk selalu rajin menyikat giginya. Ajarkan cara menyikat gigi yang benar agar tidak ada lagi sisa-sisa makanan yang tertinggal.

Lubang Pada Gigi

Penyebab lain bau mulut adalah karena adanya lubang di gigi. Lubang gigi yang tidak segera ditambal akan bertambah dalam. Apabila lubang pada gigi tersebut sudah mengenai bagian gigi terdalam yaitu jaringan pulpa gigi dan tidak ditanggulangi maka gigi anak bisa membusuk.

Gigi yangberlubang tennt akan mengganggu aktivitas karena selain rasa sakit juga menyebabkan bau mulut. Untuk itu, seringlah mengajak anak untuk memeriksakan giginya ke dokter gigi.

Mulut Kering

Selain pada gigi, ternyata masalah mulut juga bisa menyebabkan bau mulut. Mulut yang kering dan produksi air liur yang berkurang bisa menyebabkan bakteri berkembang lebih cepat. Bakteri inilah yang menyebabkaan bau tidak sedap pada Si Kecil.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan air putih yang banyak. Tapi jika masih belanjut, Anda bisa membawanya ke dokter. Karena bisa jadi ada salah dengan saluran pernafasannya.

Selain tiga hal diatas, bau mulut juga bisa disebabkan oleh penyakit sistemik lainnya seperti diabetes, gangguan lambung dan sinusitis. Untuk itu, bawalah anak Anda ke dokter untuk melakukan pemeriksaan terhadap kesehatannya.

BACA JUGA:

Leave a Reply