penyebab tangan dan kaki dingin

Penyebab Tangan Dan Kaki Terasa Dingin

Penyebab Tangan Dan Kaki Terasa DinginAda banyak hal penyebab telapak tangan dan kaki terasa dingin. Umumnya karena memang cuaca dingin yang menerpa tubuh atau karena disebabkan oleh beberapa penyakit. Sirkulasi darah buruk dan adanya pembuluh darah kecil pada tangan juga bisa menyebabkan telapak tangan dan kaki terasa dingin.

Jika tangan dan kaki terasa dingin hanya sesekali, hal ituu masih dalam kategori wajar karena itu merupakan proses tubuh menyesuaikan diri pada suhu sekitar. Akan tetapi jika tangan dan kaki terasa dingin terus menerus bahkan adanya perubahan warna kulit, bisa jadi ada masalah dalam sirkulasi darah dan saraf Anda. Bisa juga karena ada kerusakan jaringan pada telapak tangan dan kaki.

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa menyebabkan tangan dan kaki terasa dingin:

  • Kondisi frostbite. Ini bukanlah penyakit, namun situasi yang menyebabkan anggota tubuh terekspos dengan cuaca dingin yang ekstrem. Karena terlalu lama terpapar udara dingin, anggota tubuh dapat mengalami kerusakan jaringan, otot, tendon, pembuluh darah dan saraf. Kulit dapat mengerut dan robek akibat kondisi ini.
  • Kondisi penyakit anemia, yang dapat menyebabkan kulit memucat, melemah dan menjadi dingin. Anemia merupakan penyakit kurang darah dan zat besi yang sering tidak terdeteksi hingga terjadi penyakit Raynaud’s.
  • Kondisi diabetes dapat pula menyebabkan tangan dan kaki menjadi dingin, karena adanya masalah pada sirkulasi darah, tekanan darah tinggi dan masalah tiroid.
  • Penyakit lupus, dapat menjadi penyebab adanya tangan dan kaki yang mendingin. Pembuluh darah dapat terserang juga bersamaan dengan munculnya kondisi lupus sistemik. Pembuluh darah kecil pada kulit tangan dan kaki dapat mencegah pergerakan normal darah. Tangan dan kaki yang mendingin pun akan jadi hasilnya.
  • Penyakit Raynaud’s atau pembuluh darah pada tangan dan kaki yang bereaksi berlebihan pada kondisi tertekan hingga mengecil atau udara dingin adalah penyebab utama dari tangan dan kaki yang terasa membeku. Akibatnya, tangan dan kaki akan memucat warnanya. Faktor penyebab serangan penyakit Raynaud juga dapat diawali dari sentuhan dengan benda dingin dalam waktu yang lama atau tekanan emosi yang dialami penderita.
  • Kerusakan pada pembuluh arteri dan penyakit atherosclerosis dapat juga jadi penyebab. Penumpukan plak pada pembuluh darah dapat menjadi kondisi tangan dan kaki yang terasa dingin.
  • Sindrom carpal tunnel, di mana terdapat tekanan pada saraf pergelangan tangan yang menyebabkan rasa sakit, tersetrum hingga dingin dan mati rasa.
  • Kebiasaan merokok yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di tangan dan kaki.
  • Konsumsi obat beta blockers untuk mengobati tekanan darah tinggi, obat-obatan migrain serta obat flu yang beredar luas dapat memiliki efek samping tangan dan kaki terasa dingin.
  • Bekerja berdekatan dengan bahan kimia vinil chloride di industri plastik dapat menyebabkan luka pada tangan serta rasa dingin.

Untuk mengobatinya, penderita harus mengonsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter seperti obat-obatan untuk melebarkan pembuluh darah dan menstimulasi sirkulasi darah dalam bentuk kalsium channel blockers, alpha blockers dan vasodilators. Cara lain untuk mengobatinya adalah dengan cara operasi saraf atau operasi pengangkatan jaringan yang sudah rusak karena kurangnya aliran darah.

Ubahlah kebiasaan merokok Anda. Perbanyak olahraga untuk memperlancar sirkulasi pembuluh darah dan hindarilah stres. Hindari konsumsi kafein dan hindari menggunakan sarung tangan atau kaus kaki yang terlalu sempit. Bila suhu tubuh menjadi dingin, carilah tempat yang hangat. Lakukan pemijatan dan peregangan pada tangan dan kaki. (meetdoctorcom)

BACA JUGA:

One comment on “Penyebab Tangan Dan Kaki Terasa Dingin

Leave a Reply