perlengkapan khusus bayi baru lahir

Perlengkapan Khusus Untuk Bayi Baru Lahir

Perlengkapan Khusus Untuk Bayi Baru LahirPerlengkapan untuk bayi memang terlihat biasa saja, namun harus sangat diperhatikan. Selain pakaian, ada juga beberapa perlengkapan lain yang harus disiapkan untuk si buah hati. Apa saja? ini dia:

1. Sarung Tangan

Sarung tangan berfungsi untuk melindungi kulit muka bayi agar tidak tergores kuku jari-jari tangannya. Dan juga berfungsi untuk melindungi tangan dari cuaca dingin agar tetap hangat.

Akan tetapi jangan dipakai terlalu sering dan jangan terlalu lama karena dapat mengganggu perkembangan sensorik dan motorik telapak tangan dan jari-jari si bayi dan pakaikan hanya pada saat cuaca dingin saja. Sebaikya pakaikan saat si kecil terlihat aktif meraba atau menggaruk mukanya.

2. Topi

Topi berfungsi untuk menjaga suhu tubuh bayi. Perlu diketahui, bayi masih mengeluarkan panas tubuhnya melalui kepala. Dengan menutup kepalanya, panas yang keluar dari kepalanya akan tetap tertampung dan membuat kepalanya tetap hangat.

Namun, hindari pemakaian topi selama seharian, karena dikhawatirkan akan mengganggu sirkulasi udara atau panas yang dikeluarkan dari kepalanya. Gunakan topi ketika cuaca sedang dingin atau saat keluar rumah. Pakailah topi yang berbahan lembut dan halus dan memiliki pori-pori yang besar agar sirkulasi udara dikepalanya lancar.

3. Kaus Kaki

Seperti sarung tangan, kaus kaki juga berfungsi untuk melindungi si kecil dari suhu dingin. Dan fungsi lain dari kaus kaki adalah agar kaki si kecil tidak lecet saat memakai sepatu.

Sebaiknya memilih kaus kaki yang terbat dari bahan wol bila cuaca sedang dingin. Perhatikan juga bagian dalam kaus kaki agar tidak ada benang terlepas karena bisa membuat jari-jari si kecil terlilit. Pillih juga yang berbahan lembut dan jangan yang terlalu sempit. Pastikan kaus kaki yang dipakai memiliki celah 0,5-1,5 agar bayi bisa leluasa bergerak.

Dan untuk bayi yang sedang belajar berjalan, pilih kaus kaki yang alasnya tidak berbahan licin misalnya ada pola timbul dari karet. Dan hindari pemakaian kaus kaki seharian meski dalam cuaca dingn sekalipun. Karena kaki bayi bisa kepanasan dan menyebabkan berkeringat. Kondisi ini bisa mengundang tumbuhnya jamur pada sela jari-jari si kecil.

BACA JUGA:

One comment on “Perlengkapan Khusus Untuk Bayi Baru Lahir

Leave a Reply