porsi makan anak usia 4 tahun

Porsi Makan Anak Usia 4-6 Tahun

Porsi Makan Anak Usia 4-6 Tahun. Meskipun Anda bisa mengawasi apa yang anak Anda makan, anak-anak usia ini mengkonsumsi sekitar 40 persen kalori lebih banyak dari orang tuanya. Biasanya kalori dimakan pada saat mereka mengonsumsi makanan ringan, makan siang di sekolah, atau setelah sekolah usai. “Jauhkan camilan dari si kecil dan tingkatkan jumlah makanan utamanya,” saran Sarah Krieger, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics di St. Petersburg, Florida. Ini tip lain memberi makan anak:

Makan siang bersama. Beberapa sekolah memungkinkan orang tua untuk mampir dan makan siang dengan anaknya di kantin. “Kebanyakan anak usia ini adalah pemakan yang lambat, dan akhirnya banyak membuang makanan,” kata Liz Weiss, RD, penulis No Whine With Dinner. Jadi jangan berharap anak Anda makan semua kalori dari dalam kotak makan siangnya. Sesuaikan porsi makan siangnya, dan buat rencana supaya mereka makan lebih banyak saat sarapan atau makan malam.

Waspadai makan saat emosional. Jika anak Anda terus-menerus bertanya tentang makanan ringan, dia mungkin merasa bosan dengan makanan yang selama ini disajikan. Sebaiknya gunakan “skala kelaparan” anak-anak. Dimana 0 adalah untuk perut kosong, 10 adalah untuk perut penuh, dan 5 adalah tidak lapar atau tidak penuh. “Jika skalanya 5 dan dia meminta makanan, dia mungkin ingin makan karena alasan emosional,” kata Susan M. Kosharek, RD, penulis If Your Child Is Overweight: A Guide for Parents. Anak usia ini cukup dewasa untuk memahami emosi. Sebaiknya hindari menyelesaikan masalah emosi anak dengan memberikan makanan.

Mengambil makan sendiri. Biarkan anak Anda melayani dirinya sendiri—tanpa tekanan dari Anda—dan dia mungkin akan mengambil makanan sesuai dengan porsinya. “Beberapa orang tua sadar mereka memberikan makan anaknya dengan posi besar, sehingga anak-anak terbiasa makan dengan porsi yang besar.

BACA JUGA:

Leave a Reply