menggunting kuku anak yang benar

Tata Cara Yang Benar Untuk Menggunting Kuku Bayi

Tata Cara Yang Benar Untuk Menggunting Kuku BayiSalah satu hal yang harus diperhatikan dari bayi adalah kebersihan kukunya. Bayi suka sekali memasukkan jari-jarinya kedalam mulut, dan jika kuku-kuku jarinya itu tidak terawat dengan baik, bisa melukai bayi Anda

Untuk menjaga kesehatannya, kuku bayi harus dipotong. Ikutilah tips dibawah ini agar memotong kuku bayi secara benar dan aman:

Menggunakan Gunting Kuku Khusus

Agar lebih aman dan tidak mencederai kuku bayi yang masih kecil, sebaiknya kamu menggunakan gunting kuku khusus bayi. Gunting kuku ini akan lebih memudahkan ibu saat menggunting kuku bayi karena bentuk gunting yang melengkung.

Lakukan Sesudah Bayi Mandi

Memotong kuku bayi disarankan dilakukan setelah mandi. Alasannya karena setelah mandi kondisi kuku dalam keadaan lunak akibat terkena air. Nah, kuku yang lunak akan mudah saat dipotong. Kamu juga bisa menggunting kuku bayi, saat si kecil tidur. Sebab, di saat tidur bayi tidak akan terlalu bergerak banyak  sehingga kamu lebih mudah untuk menggunting kukunya.

Membersihkan Kuku Bayi Terlebih Dahulu

Sebelum kuku bayi digunting, periksa dahulu apakah terselip kotoran di dalam kuku bayi. Jika ada kotoran sebaiknya, bersihkan terlebih dahulu kuku bayi. Caranya mudah saja, basahi cotton bud dengan air. Jadi saat menggunting kuku akan lebih mudah karena ibu tidak lagi perlu repot membersihkan kotoran selesari digunting.

BACA JUGA:

Leave a Reply