Cara Asyik Ajak Si Kecil Curhat

Tidak Perlu Mengalah Dalam Mengajarkan Tata Krama Pada Anak

Tidak Perlu Mengalah Dalam Mengajarkan Tata Krama Pada Anak. Ibu mertua memberi putri Anda hadiah. Dengan segera Anda mengingatkannya untuk mengucapkan ”terima kasih” tapi si kecil yang berusia 4 tahun, bersikap sebaliknya, menjawab, ”Aku tidak mau.” Anda tidak siap untuk bertengkar, jadi membiarkannya.

Mengapa mengalah itu buruk Tidak ada orang yang suka anak manja dan tidak bersyukur. Saat mengabaikan perilaku kasar, Anda sedang mengajarkan anak bahwa tidak perlu untuk bersikap sopan atau menghargai saat dia sedang tidak mood.

Bagaimana tetap bersikap tegas ”Mintalah ibu mertua menjelaskan kepada putri Anda bagaimana rasanya saat dia tidak mengucapkan terima kasih,” tutur  Ruth A. Peters, PhD, psikolog anak dan penulis Don’t Afraid to Discipline. Anda juga bisa mengatakan kepada anak bahwa anak-anak yang menunjukkan rasa terima kasih memiliki kemungkinan lebih besar mendapatkan hadiah lain kali. Jika dia masih membantah, contohkan perilaku manis dengan berterima kasih pada ibu mertua Anda atas nama si kecil—lalu diskusikanlah tentang pentingnya sopan santun saat sudah pulang ke rumah.

BACA JUGA:

Leave a Reply