Tips Mendongkrak Nafsu Makan Anak

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Tips Mengatasi Anak Susah MakanAnak sehat adalah dambaan semua orangtua. Dengan asupan makanan dan gizi yang cukup, tentu anak sehat bukanlah sekadar impian! Tapi, kamu sering gemas karena si kecil suka susah makan. Bagaimanasih cara menangani anak susah makan? Inilah beberapa tipsnya!

Cari Penyebab Anak Susah Makan

Sebelum mulai menangani si kecil yang susah makan, kamu harus tahu dulu penyebabnya. Ada beberapa macam penyebab yang membuat anakmu sulit makan. Bisa karena sakit fisik, perubahan pola makan, atau masalah psikologis. Nah, coba amati kondisi anakmu. Apakah dia sedang sakit hingga jadi susah makan? Atau dia sudah bosan dengan makanan yang terlalu lunak? Penanganan problem susah makan ini memang harus sesuai dengan penyebabnya. Jika karena sakit, berikanlah anakmu obat atau bawa dia ke dokter. Atau jika karena perubahan pola makan, berarti kamu harus mengikuti pola makannya. Jangan paksakan si kecil mengikuti jam makan atau pola makanmu.

Tentukan Makanan yang Akan Dihidangkan

Dr. dr. Saptawati Bardosono dari Indonesian Nutrition Association mengatakan bahwa ada yang namanya Ellyn Satter Theory, yaitu teori yang mengacu bahwa pengasuh atau orangtua berfungsi sebagai gatekeeper. Jadi, kamu sebagai orang tua yang menentukan jenis makanan yang harus dihidangkan atau dimakan oleh si kecil.  Sedangkan anakmu berhak untuk menentukan dan memilih makanan yang sudah kamu hidangkan dan berapa banyak yang akan dikonsumsinya.

Tapi, kamu juga harus mengikuti perkembangannya dan ia akan mengembangkan regulasi asupan makanannya. Jika kamu memaksanya untuk makan, maka anakmu tidak akan dapat mengembangkan ukuran rasa kenyangnya.

BACA JUGA:

2 comments on «Tips Mengatasi Anak Susah Makan»

Leave a Reply