ha yang bisa diambil dari anak kecil

Urutan Lahir Anak Pengaruhi Kecerdasan Otak

Urutan Lahir Anak Pengaruhi Kecerdasan OtakApakah Anda tahu faktor apa saja yang bisa mempengaruhi kecerdasan anak? Ternyata, salah satu faktor tersebut adalah urutan kelahiran si anak. Benarkah demikian?

Sebuah penelitian yang dilakukan para psikolog dari University of Illinois, Amerika Serikat menemukan hasil penelitian yang menarik sehubungan dengan kertertarikan antara urutan kelahiran anak dengan kecerdasan. Studi tersebut dilakukan terhadap 377.000 siswa menengah atas.

Setelah melakukan serangkaian tes, para peneliti mengungkapkan bahwa anak yang lebih tua hanya memiliki tingkat kecerdasan satu poin lebih tinggi ketimbang anak yang lebih muda, meskipun sering terdengar bahwa anak pertama biasanya lebih cerdas ketimbang adik-adiknya.

Tidak hanya itu, studi ilmiah tersebut juga menemukan bahwa ada bukti yang menunjukkan kepribadian juga dipengaruhi oleh urutan kelahiran. Teori ini dinamakan stereotip kepribadian yang diperkenalkan oleh psikolog Alfred Adler.

Ia berasumsi bahwa anak pertama akan jadi pemimpin, anak tengah menjadi mediator, dan anak bungsu menjadi “bayi” di dalam keluarga. Namun, studi teranyar ternyata menemukan hal yang tidak demikian.

Profesor Brent Roberts dari University of Illinois yang memimpin studi tersebut menyatakan bahwa perbedaan karakterstik di antara saudara kandung tidak signifikan secara statistik. “Dalam hal ciri kepribadian dan bagaimana Anda menilainya, sebanyak 0,02 korelasi tidak memberikan perbedaan apa-apa. Hal ini tidak nyata bagi siapapun,” ujar Roberts.

BACA JUGA:

One comment on “Urutan Lahir Anak Pengaruhi Kecerdasan Otak

Leave a Reply